CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

21 Maret 2009

Unforgetable pra-UN SMP (in memoriam)

UN SMP ? Kapan yaa ? Lupa . wah, sok tua ik aku ..hehe .
Aku mau dikit-dikit curhat nih, barang kali buat yang ngebaca jadi terinspirasi ..hmm ..syukur-syukur bisa metik manfaat dari postingan ini ..
Mulai dari mana yaa ? Mungkin kita bisa sedikit mengingat masa lalu, sekitar pertengahan tahun 2006 . Ada apa di Juli 2006 ? Aku naik ke kelas 9 SMP loh ^^ (ga penting ik..)
Waktu kenaikan kelas 3 (sekarang disebut kelas 9) hal pertama yang aku rasain tuh tegang, apalagi denger-denger dari kakak kelas tentang UN ..hmm jujur saat itu takut banget , yang terlintas sih 'nanti aku bakal masuk SMA mana ya?' . hahaha . wajar kali ya , pasti dong yang namanya anak kelas 9 SMP bertanya-tanya mau ngelanjutin ke SMA mana . hhe . x)
Yang aku sadari dan syukuri sekarang, adalah aku itu mantan siswa SMP Islam yang bener-bener buat aku ngerti siapa Tuhanku (ngga berarti yg bukan SMP islam tu bikin ga ngerti lho ..), soalnya apa? Waktu aku kelas 9 SMP, aku ma temen-temen seangkatan diajakin solat duha bareng, prihatin bareng, ngaji-ngaji bareng, doa bareng, dan pastinya blajar bareng .
Kegiatan rutinitas smacem solat ngaji dll tuh tambah dikencengin mulai awal tahun 2007, yaa, semester 2 waktu aku masih di kelas 9 SMP . Diwaktu itu anak-anak diajak prihatin, dll sgala macem, hmm aku trenyuh juga . Yah, sampe skarang ini, blm pernah aku rasain sedeket itu sama Allah , deket banget, krasa semua tanpa beban, kecuali saat mau UN SMP '07 itu .
Menjelang UN memang mendebarkan .. Jujur, aku bukan cewe cerdas . Nilaiku biasa aja, sederhana, low profile (blg aja bego..haha) dan dengan semua kekuranganku itu aku bingung, akan lanjut kemana aku nanti setelah lulus SMP ? Apa ada yang mau nerima murid seperti aku yang pas-pasan ini ? (lebay bgtt kata-kataku..)
Penjajakan demi penjajakan kulalui .. dari yang pertama sampe yang terakhir .. ga ada NEMku yang nyampe rata-rata 8.0 ! Ibuku sampe sedih ..bingung .. trus dengan lembut beliau bilang ,"Dengan NEM segini besok mau masuk mana?" uhuhuu , lembut tapi nyesek ..
Stres .. itu yang kurasain ,tapi gimana lagi, itu hasilku, dan murni, aku ga tanya mana-mana soalnya tempat dudukku di depan pojok dan diliatin terus ma pengawas ..uhhk . Akhirnya waktu itu aku berusaha belajar semampuku, pasrah sepasrah-pasrahnya,
aku kencengin sholatku, sholat lail (sholat malem), sholat dhuha , minta maaf ma semua orang yang pernah disakitin , anyone lah! trus berdoa sambil memohon meminta-minta, huhuu . pasrah .
Malam sehari sebelum UN .. deg-deg an banget , udah nggak bisa blajar .. aku sendirian di kamar sambil meratap, trus agak malem gitu aku solat Isya' , dilanjutin Tahajud ma Hajat .. ya Allah .. aku masih inget dikit kata-kata yang kupanjatin waktu itu, "Ya Allah, aku tahu aku memang nggak sempurna, aku payah, tapi aku mohon ya Allah, buat aku bisa membahagiakan orangtuaku sekali ini aja .." gituu . mengharukan ya , hehe . ku optimis, ku yakin doa itu dijabah Allah .
:')
Hmm, besoknya, aku berangkat sekolah dianter bapakku, aku pergi nyalamin ibuku, minta restu sambil agak mbrambang , aku berangkat . Udah sampe di gerbang sekolah, bapakku ngasih wejangan ke aku *aku lupa wejangannya apa* pokoknya bilang yang baik-baiklah, aku pasti bisa . Sampe di sekolah aku ma temen-temen seangkatan pada solat Dhuha bareng, trus dikasi wejangan lagi sama pihak sekolah, dan bismillah , jalan sama-sama ke ruang tes masing-masing . Sesampaiku di ruang tesku, aku duduk di bangku tes, depan, pojok kiri, deket pintu ma deket meja pengawas .. mantap . Sebelum tes diminta berdoa lagi, moga-moga tesnya dimudahkan oleh Allah . Waktu UN, aku ngerjain semua dengan santai, kayak ngerjain latian soal biasa .. bedanya, UN ku koreksi berulang-ulang .
Waktu UN Bahasa Indonesia, ahh pasrah . Aku ngga begitu suka karena jawaban dari tiap opsi tu sama, mbingungi dan aku hanya yakin aja, aku dah bikin yang terbaik .
Waktu UN Ing juga sama, pasrah, tapi aku optimis aja . Kayaknya bakal dapet bagus nih . :)
Nah waktu UN Mat ,, aku paling gak bisa, akhirnya aku konsul ma temen-temenku .. dan aku dapetin, aku Salah 6 Soal .. huwaaaa!!
1 bulan ..
2 bulan .. Blm ada tanda-tanda bakal dikasi tau kapan pengumuman UN .
Sampe pada gatau tanggal berapa *lupa* , sekolah ngasi tau sebelum pulang sekolah hari Jumat *kapan tuh lupa* kalo pengumuman akan diumumkan hari Sabtu *kapan y?lupa juga* tapi entah kenapa, ternyata dimajuin hari Jumat itu, jam 4 sore .
Jumat, xxx xxx 2007 *aku lupa tanggalnya* aku berangkat sama ibuku jam 3.30 sore, semua wali murid ma anak-anaknya udah pada ngumpul .. aku duduk ma temen-temenku, ibuku duduk ma ortunya temen-temenku. Stelah dirasa cukup banyak ortu siswa yg hadir, Kepsek ngajak berdoa, trus bilang, kalo di skulaku ada yg belum beruntung .. ngga lulus .. :((
trus hasil ujian dibagiin .. urut nomer tes .. sampe akhirnya giliranku .. suratku diambil ibuku, trus aku minta, dan aku bilang aku yang akan membuka. Ibuku mengiyakan, aku buka amplopnya pelan, aku ambil surat dari dalem amplop, dan Alhamdulillah, sebelum aku buka surat pengumuman yang steplesan, aku mbaca dari balikan kertasnya, ada tulisan L U L U S ! hwaw .
Trus aku buka steplesnya, ngeliat nilainya, Alhamdulillah lagi .. ga nyangka NEMku diatas 9.33 semua jauh dari perkiraanku .. :)
Hehe .. sebenernya aku punya misi postingan ini bisa ngasi inspirasi, kegembiraan, ato bahkan semangat buat yang baca dan aku ga punya niat jelek apapun di postingan ini . smangad :)
keep moving forward !

0 komentar: